Just another WordPress.com site

Menikmati Indahnya Pantai Rancabuaya Garut

Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

 Pantai Rancabuaya Garut dengan panorama indahnya yang menghampar luas,dihiasai bebatuan karang disepanjang pesisir pantainya.

Deru ombak yang menghamtam karang terdengar begitu mengelegar disaat malam tiba.Pantai Rancabuaya terletak di sebelah selatand tepatnya dikecamatan Caringin.Jarak untuk mencapai laut ini dari pusat kota kabupaten Garut sekitar kurang lebih 90km atau dengan perjalanan darat membutuhlan waktu sekitar 4 jam perjalanan.

Laut Ranca buaya ini selaindiperggunakan sebagai objek wisata oleh pemerintah daerah kabupaten garut,juga digunakan oleh nelayan daerah setempat untuk mencari ikan-ikan bahkan sebagian warganya bermata pencaharian sebagai nelayan.Hasil tangkapan nelayan berupa ikan tongkol , udang , lobter dan ikan laut lainnya .Hasil tangkapannya banyak didistribuksikan ke daerah-daerah lain di indonesia, maka tidak heran harga ikan ikan disana cukup murah..

Pantai Rancabuaya dapat ditempuh melalui rute Bandung – Pengalengan – Cisewu – Rancabuaya. Jalan pegunungan berkelok2 yg cukup mulus, jenis aspal siram dengan lebar jalan utk 1.5 kendaraan (4 meter). Pemandangan kiri kanan jalan enak utk dinikmati. Kondisi jalan sedikit menantang krn sebagian besar berada di tepi gunung, dgn bahu jalannya yg sempit utk berpapasan atau utk parkir menepi. Ada sedikit longsoran di beberapa tempat, tapi tak begitu banyak. Secara kesuluruhan jalan cukup baik yg bisa dilewati sedan. Krn pendeknya belokan, dan tanjakan2 nya yg cukup unik, rata2 kecepatan hanya 20-30 km/jam saja

Kebetulan saya mengambil perjalanan dari jalur selatan daerah pangalengan yang menurut saya jarak tempuhnya akan lebih dekat dari kota bandung.Dan perjalanan pun di mulai..

Persiapan pun dilakukan semua perbekalan sudah dimasukan ke dalam kendaraan,esok hari tepat pukul 05:00 wib saya pun mulai melakukan perjalanan,dikarenakan selama perjalanan tidak ada SPBU maka saya ngisi di SPBU terakhir daerah cimaung saya isi Full Tank, setelah itu melanjutkan penjalanan.Selama perjalanan ke daerah pangalengan saya disuguhi pemandangan yang begitu indah jalanan yg berbelok-belok membuat tangan saya begitu sibuk memutar setir ,hamparan perkebunan masyarakat dan perkebunan teh yang dijumpai selama perjalanan saya menuju kota pangalengan.

Situ cileunca

Setelah lewat kota pangalengan akan disuguhi pemandangan sebuah danau , yang orang sunda bilang situ dan ini dinamakan situ cileunca,situ ini adalah salah satu objek wisata di kawasan bandung selatan tepatnya di wilayah pengalengan.
Situ Cileunca ini sangat luas dan dikelilingi oleh hamparan perkebunan teh yang begitu hijau.
Setelah melewati situ cileunya makan akan disuguhi oleh pemandangan pegunungan yang menjulang tinggi dan hamparan perkebunan teh yang terhampar, salah satu pabrik teh yang terdapat dikawasan ini adalah Pabrik teh Cukul.Pabrik ini mengolah teh yang di petik oleh para pemetik teh yang akan diolah menjadi teh kering.

Perkebunan teh cukul

Perjalanan daerah cukul pangalengan

About these ads

One response

  1. rute Cukul-Cisewu sudah mulus ya sekarang?

    March 4, 2011 at 8:01 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.